[Part Cerita ke Jepang] Beberapa peraturan umum di Jepang

Sebelum ke Jepang, ada baiknya nih untuk mengetahui beberapa peraturan sederhana yang harus diikuti oleh traveler atau pun para turis seperti kita.

[1] Jika menaiki escalator, berdirilah di satu sisi, mengikuti orang-orang di depan kita. Biasanya orang-orang akan berdiri di sisi kanan dan sisi kiri dibiarkan kosong. Jangan memenuhi kedua sisi. Kenapa? Karena salah satu sisi yang kosong tersebut akan digunakan untuk mendahului orang-orang yang berdiri di escalator. Tidak selalu di sisi kanan kok untuk berdirinya, ikuti saja orang-orang terdepan teman jalan.

Escalator_in_Umeda

[2] Jangan membuang sampah sembarangan. Ini seriusan, jika teman jalan memegang sampai, jangan dibuang sembarangan, simpan dulu sampahnya sampai ketemu tempat sampah. Nah masalahnya, tempat sampah di Jepang itu tidak sebanyak seperti di Indonesia lho. Namun negaranya jauuhh lebih bersih dari kita. Tidak ada sampah sedikit pun di jalan-jalan nya. Jangan sampai teman jalan kena masalah hanya karena sampah ya. Jangan ragu untuk menyimpan sampah sementara waktu deh.

recycling-at-rest-stop-in-japan

[3] Taruh uang di nampan kecil yang disediakan dimana pun teman jalan membeli barang. Uang yang kita berikan dan kembalian yang akan kita terima semua nya melalui nampan kecil di dekat kasir lho..

p20-gordenker-wth-a-20150524-870x652

download.jpg[4] Biasakan mendahulukan orang turun dari kereta. Jika teman jalan menggunakan kereta atau metro atau trem, ingatlah untuk selalu memberikan kesempatan untuk orang turun terlebih dahulu. Kita yang akan naik, harus berdiri satu baris di sisi kanan atau kirinya. Lalu masuk sesuai barisan. Ingat, jangan menyerobot ya.

 

download[5] Jangan makan atau minum atau berbicara keras selama menaiki transportasi umum. Kenyamanan semua orang menjadi prioritas lho di Jepang jadi jangan mengganggu orang lain dengan makan dan minum sembarangan atau berbicara keras-keras selama di transportasi umum. Kalau terlalu lapar atau haus, makan atau minum lah sebelum menaiki transportasinya.

 

[6] Jika membeli makanan di jalan (street food) makanlah di depan atau tidak jauh dari lokasi pedagangnya. Aku sendiri sih jarang melihat orang lalu lalang sambil makan. Biasanya orang yang mau makan itu akan berdiri diam gitu. Dan ternyata ada manfaatnya lho kalau kita makannya di dekat pedagang. Kita bisa kasih tempat makan yang sudah kosong ke pedagang tersebut. Jadi kita tidak perlu pusing cari tempat sampah.

IMG_0804

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s