10 Hal yang perlu dipersiapkan sebelum pelesir ke luar negeri

Saat ini, wisata bukan lagi hal yang mahal dan sulit diraih. Kini, siapa saja bisa jalan-jalan, asalkan niat yang kuat dan berusaha mencapainya. Lalu kalau sudah ada dana dan waktu, apa saja nih yang perlu dipersiapkan sebelum pelesir ke luar negeri?

  1. Tiket pesawat

download (6)Setelah sudah menentukan mau pergi kemana, saatnya untuk membeli tiket pesawat ke negara tujuan nih. Tapi harus rajin untuk cari info penjualan tiket murah. Tiket murah itu bukan berarti harus maskapai yang low price saja lhoo.. maskapai besar nan elit pun biasanya suka mengeluarkan promosi tiket. Coba deh mulai rajin cari informasi tentang hal ini. Setiap maskapai itu biasanya rajin mengeluarkan promosi tiket promo kok… kalau udah ketemu kapan promonya berlangsung, ikutan deh… harus yakin dan usaha terus demi tiket promo hehehe

 

 

 

 

  1. Pasport

images (13)Naahh ini yang sering terlupa oleh calon wisatawan nih… Lupa melihat kapan masa aktif passport berakhir. Kita harus pastikan kalau passport kita masih berlaku minimal 6 bulan sebelum habis. Jangan sampai terjadi tiket sudah ditangan, semua sudah diurus eh pas mau urus visa atau sudah mau berangkat passportnya sudah tidak aktif atau masih aktif tapi tinggal 4 bulan lagi sebelum habis.

  1. Visa

images (7)Kalau negara tujuannya memerlukan visa, Anda harus cari tahu nih gimana proses pembuatan visanya. Baca semua persyaratan dan lama proses pembuatannya. Siapkan semua persyaratan dan pastikan sudah siap sebelum hari pengajuan pembuatan visa. Lalu tinggal datang ke kedutaan atau ajukan secara daring. Beda negara tujuan beda visa beda proses pembuatannya lhoo.. kalau gak mau repot bisa aja sih.. datang saja ke travel agent untuk minta jasa mereka, namun harganya lebih mahal daripada pembuatan sendiri.

  1. Riset

download (2)Riset sebelum bepergian penting nih… Apa saja sih yang perlu di riset? Anda harus rajin mencari saran-saran orang lain yang biasanya tertulis di blog-blog atau website atau video di youtube. Kumpulkan semua bahan mengenai things to do, foods, serta hotels or hostels. Kenapa ini perlu, karena sebagai solo traveller sangat penting untuk kita cari tahu tujuan wisata kita. Jadi gak zonk deh… Misalnya Anda mau ke Singapore dengan niat mau jalan-jalan dan belanja, jadi Anda perlu melakukan riset mengenai 20 tempat terbaik untuk belanja di Singapore dan Things To Do in Singapore. Lalu buat list yang sesuai dengan minat Anda, jangan lupa untuk sertakan biaya dari masing-masing list tersebut. Nantinya Anda akan memiliki daftar tujuan beserta wilayahnya dan total pengeluaran untuk ke tujuan tersebut.

  1. Penginapan

download (3)Sebelum menentukan penginapan yang sesuai dengan keinginan, ada baiknya lagi-lagi lakukan riset. Riset yang sebelumnya dibuat akan menentukan tujuan Anda selama di negara tujuan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat sebaran tujuannya sehingga penginapan Anda nantinya masih berada di wilayah yang sama dengan tujuan. Penginapan yang berada dekat dengan daerah tujuan akan memangkas biaya transportasi Anda selama di Negara tujuan. Lihat lah ulasan orang-orang di berbagai website untuk pemesanan penginapan sebelum memutuskan penginapan yang akan dipesan. Pastikan Anda melihat total harga dari penginapan setelah memilih (sebelum membayar) jangan hanya melihat harga per unit kamar saja. Rekomendasi dari wisatawan yang pernah menginap akan membantu Anda menentukan pilihan. Sortir ulasan sesuai dengan keadaan Anda. Maksudnya adalah jika anda bepergian untuk wisata dan dengan keluarga maka pilihlah ulasan dari wisatawan yang juga bepergian dengan keluarga. Hal ini akan lebih membantu Anda. Karena beda tujuan bepergian itu beda kebutuhannya.

  1. Itinerary

images (8)Hasil riset yang menghasilkan daftar tujuan akan membantu Anda dalam menyusun itinerary. Buatlah jadwal sesuai lama Anda akan berada di luar negeri, masukanlah tujuan-tujuan tempat wisata Anda. Saran saya, buatlah daftar per hari sesuai dengan wilayahnya, jadi Anda tidak perlu bolak-balik dan ini akan menghemat uang transportasi Anda. Misalnya Anda akan bepergian ke Jepang, maka susunlah wilayah tujuan misalnya Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Lalu perkecil kembali hingga lingkup lebih kecil misal per district. Jadi ANda bisa menghasilkan jadwal per hari, per kota, per district. Sehingga Anda akan menggunakan transportasi yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Dana

download (5)Setelah semua list dibuat, Anda bisa menyusun pengeluaran per hari yang meliputi biaya makan, masuk ke tempat wisata, menginap, transportasi, dan biaya tak terduga. Jadi kalau Anda akan bepergian selama 10 hari, tinggal buat untuk 10 hari. Biasakan untuk membuat detailnya sehingga Anda akan tahu berapa Anda perlu uang untuk melakukan wisata selama di negara tujuan. Nah biaya ini belum termasuk dengan biaya pembuatan visa, perpanjang atau pembuatan passport, dan biaya lain seperti biaya membeli kamera atau perlengkapan kamera atau pakaian dingin.

  1. Uang sesuai dengan mata uang negara tujuan

download (4)Jika bepergian ke luar negeri saya biasanya lebih memilih untuk membawa mata uang USD (dollar amerika). Kenapa? Karena hal ini akan lebih memudahkan ketika kita kehabisan dana di negeri orang. Saya pernah hanya membawa mata uang negara tujuan dan rupiah saja. Ketika itu USD saya sudah habis. Lalu mata uang negara tujuan juga habis dan yang tersisa hanyalah rupiah. Dan ketika saya butuh dana tunai, hal ini sangat menyulitkan karena saya tidak bisa menukar mata uang negara tersebut. Disana ada atm namun untuk mengambil mata uang nya diperlukan biaya administrasi yang cukup besar untuk sekali transaksi. Dari pengalaman inilah, saya selalu membiasakan untuk membawa dollar jauh lebih banyak daripada mata uang negara tujuan. Alasan kedua adalah karena ketersediaan mata uang negara tujuan belum tentu tersedia terutama dalam jumlah yang cukup banyak. Berbeda dengan ketersediaan mata uang USD. Kita bisa dengan mudah menemukannya di berbagai money changer. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, pastikan Anda sudah melakukan riset untuk mengetahui dimana lokasi money changer di negara tujuan terutama di wilayah tujuan wisata kita. Jangan sampai kita sudah membawa USD namun ternyata tidak tersedia money changer.

  1. Pakaian

smart-packingPastikan Anda mengetahui cuaca saat Anda akan bepergian ke luar negeri. Jangan sampai membawa pakaian yang tidak sesuai dan malahan hanya akan tidak terpakai. Misalkan Anda akan bepergian saat musim dingin maka pastikan Anda membawa pakaian hangat yang cukup banyak dan cukup hangat selama berada di negara tujuan. Hal ini akan menentukan berapa besar koper yang akan Anda bawa nantinya. Jangan membawa terlalu banyak baju yang tidak akan dipakai.

  1. Koper

images (5)Pastikan besar koper yang akan dibawa sesuai dengan ketentuan batas maksimal dari penerbangan Anda. Jika maskapai Anda hanya memberikan kuota 30 kilo untuk bagasi dan 7 kilo untuk kabin. Maka bawalah koper yang kapasitas maksimalnya 25-30 kilo. Jangan melewati batas bagasi Anda karena maskapai tidak akan segan untuk meminta biaya lebih untuk kelebihan bagasi. Dan biasanya biayanya cukup mahal. Jangan membawa barang berbentuk cairan atau gel dengan botol/kemasan berkapasitas diatas 100ml. barang tersebut biasanya akan disita oleh pihak bandara terutama jika Anda menaruhnya di tas/koper kabin. Dan bagi Anda yang sering membawa power bank, pastikan power bank Anda lolos peraturan bandara. Karena semakin banyak bandara yang mengatur mengenai power bank ini.

 

Itulah 10 hal yang perlu Anda perhatian dan persiapkan jika Anda berencana untuk berplesir ke luar negeri. Memang cukup banyak yang perlu dipersiapkan tapi sebenernya plesiran di dalam negeri pun kurang lebihnya sama saja kok. Hanya saja untuk plesiran di dalam negeri tidak membutuhan passport dan visa. Namun jangan sampai hal ini membuat Anda jadi urung untuk melaksanakan niat untuk bepergian nih… Buat saya, jalan-jalan apalagi ke tempat baru itu menyenangkan kok, banyak ketemu orang baru, lihat dan belajar budaya baru, dan tentunya nambah wawasan.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s