Ketika sedang merencanakan bepergian seringkali orang bingung harus bawa apa untuk trip nya. Apakah Anda salah satunya?
Saran saya sih, buang jauh-jauh kebingungan itu. Yuukk.. mulai merencanakan setiap barang yang akan dibawa dalam rencana perjalanan Anda.

1. Buat list barang yang harus dibawa

Ini penting banget! Harus diingat selalu nih, tujuan perjalanan kita mau kemana? Mau wisata alam, wisata budaya, wisata belanja atau wisata apa nih. Itu paling penting, kita sebagai orang yang akan bepergian harus paham kita ini mau melakukan wisata apa. Karena hal ini yang akan menentukan kita harus bawa barang apa dan tempatnya apa. Contohnya, kalau mau pergi ke Labuan Bajo. Berarti Anda akan fokus untuk main air dan tracking kan.. jadi sebaiknya pilih baju yang tipis, tidak mudah lecek dan gampang keringnya. Jangan lupa untuk pilih jenis tas yang mau dipakai. Saran saya sih harus bawa tas backpacker. Mau bawa koper atau tidak itu pilihan. Tapi tas punggung itu wajib dibawa. Ingat, Anda akan tracking dan naik perahu jadi ini benda wajib. Jadi intinya buat list barang yang mau dibawa, mulai dari tas punggung 1, baju 3, celana pendek 2, pakaian renang 2, hp, kamera, charger, dll. List itu penting untuk menjaga barang tetap pada jumlah yang cukup dan mencegah adanya barang yang ketinggalan. Kebayang gak sih jalan ke suatu tempat yang jauh dari kota dan charger Anda ketinggalan. Yah kalau bisa bertahan tanpa gedget sih gpp lah hehe.

2. Buat checklist pada daftar barang pada saat melakukan packing

Jangan lupa untuk menandai list barang Anda ketika melakukan packing. Jangan didiamkan saja listnya ya hehe. Ini sangat berguna untuk mengecek ulang dan lagi-lagi mencegah barang ketinggalan lho. Dan akan membatasi jumlah maksimal dari total berat tas Anda. Kalau Anda akan bepergian dengan pesawat dan mendapat jatah kilo hanya sedikit, tentu ini sangat bermanfaat.

Image result for checklist

3. Lipat pakaian sesuai kapasitas tas

Jika Anda ingin membawa tas yang ukurannya relatif kecil maka Anda harus pandai memanfaatkan ruangan dalam tas Anda. Pakaian bisa dilipat dan tumpuk, bisa digulung, atau bisa dilipat kecil. Dan pilihlah bahan pakaian yang tidak kaku. Kenapa? Karena pakaian dengan bahan kaku atau berat hanya akan memenuhi ruangan dalam tas Anda. Lebih baik tas berat karena memang Anda membawa barang banyak daripada sedikit namun bahannya berat. Pilihlah teknik melipat pakaian yang paling cocok dengan Anda.

Image result for how to packing clothes

4. Manfaatkan Bag in Bag

Saat ini sudah dijual beragam sekali jenis Bag in Bah. Ada perlunya lho memanfaatkan Bag in Bag. Bag in Bag apa sih? Itu adalah tas dengan bentuk kompartemen kecil-kecil yang bisa dimasukkan ke dalam koper atau tas yang lebih besar. Kenapa ini jadi perlu? Karena terkadang kita suka membawa barang yang kita anggap perlu namun sebenarnya tidak penting. Nah Bag in Bag ini dirancang dengan beragam ukuran untuk beragam jenis pakaian/barang. Sehingga kita bisa langsung memilah mana yang harus dibawa dan tidak. Kemudian masukkan ke dalam Bag in Bag lalu masukkan ke tas yang lebih besar. Bag in Bag juga sangat membantu Anda yang punya kecenderungan untuk selalu memilah atau mengelompokkan barang. Ada banyak jenis Bag in Bag. Seperti ini contohnya.

Image result for bag in bag

5. Bawalah barang yang dibutuhkan bukan diperlukan

Biasakanlah untuk mencoret daftar barang yang Anda pikir Anda perlukan. Hanya bawa barang yang memang Anda butuhkan saat melakukan perjalanan. Jika barang tersebut bisa dibeli di tempat tujuan, lebih baik beli saja disana, toh dipakai hanya selama trip saja kan. Ingatlah untuk membawa barang sesuai dengan kemampuan. Misalnya kita hanya mampu beli tiket pesawat murah tanpa bagasi, ya tidak perlu lah bawa barang sampai ber-koper-koper. Kecuali Anda mampu membayar bagasi tersebut hehe.

Image result for minimalisir bawaan travel

6. Ingat selalu tujuan perjalanan Anda

Nah ini penting banget nih. Kalau memang Anda mau wisata alam dan memang tidak berniat belanja maka ada baiknya untuk membawa tas yang cenderung praktis. Kalau mau beli sesuatu ya silahkan tapi kan dalam jumlah kecil. Lain halnya kalau Anda memang berniat belanja. Nah ini biasanya kebanyakan cewe gini nih. Eits tapi ada juga lho cowo yang begini hehe. Siapapun Anda, jika berniat belanja maka saran saya adalah bawa koper dengan ukuran besar (tapi ingat batas maksimal tiket pesawat Anda) dan tas lipet ukuran kabin. Dan jangan bawa pakaian dan barang yang banyak. Kenapa? Karena tujuan Anda adalah belanja jadi Anda harus pastikan jika tas atau koper yang Anda bawa punya cukup ruang untuk barang yang akan Anda beli di tempat tujuan. Jangan sampai over-baggage lho.. Tas lipat saat ini banyak sekali jenisnya, dan akan sangat bermanfaat untuk Anda yang mau wisata belanja, karena ketika barang terlalu banyak dan koper sudah penuh, tas lipat bisa dikeluarkan dan tadaa ada tas tambahan untuk membawa barang Anda. Tapi pastikan ukurannya masuk kabin yaa…
Nah itu lah 6 hal yang perlu Anda perhatikan dalam menyiapkan barang untuk perjalanan Anda. Ingat, perjalanan butuh happy jangan jadi stress lho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s